Tips Memilih Kursi Bayi di Mobil yang Aman dan Nyaman

kursi mobil terbaik untuk bayi

kursi mobil terbaik untuk bayi

Tips Memilih Kursi Pengaman di Mobil untuk Bayi – Penting untuk memperhatikan keselamatan saat berkendara. Terutama jika membawa si kecil turut serta, maka akan lebih aman menambahkan car seat khusus anak sebagai pengganti seatbelt. Namun, sebelum membeli sebaiknya simak tips memilih kursi pengaman di mobil untuk bayi supaya Anda tidak salah pilih.

Tips Memilih Kursi Pengaman di Mobil untuk Bayi

Pabrik otomotif memang mendesain seatbelt mobil untuk penumpang dengan ketinggian minimal 145 cm. Namun, biasanya anak-anak memaksa duduk di bagian depan sehingga lebih aman jika memasang car seat.

Mengingat bahwa harganya tidak murah, maka sebaiknya simak tips memilih kursi pengaman berikut ini:

1. Kenali Mobil

Silahkan membaca buku manual mobil untuk mengetahui apakah saat memakai sabuk pengaman kursi pengaman bayi bisa digunakan atau tidak. Hal ini perlu Anda ketahui supaya tidak salah pilih dengan kata lain bisa memilihkan tipe car seat yang paling tepat dan sesuai.

Selain itu, Anda juga perlu mengukur kursi bagian belakang mobil untuk mengetahui seberapa luas ruang yang tersedia untuk menaruh kursi pengaman bayi. Sebab, perjalanan penumpang lain kemungkinan besar pasti akan terganggu jika isinya terlalu penuh.

2. Sesuaikan dengan Usia dan Tubuh Anak

Terdapat 3 tipe dasar car seat si kecil dan balita yakni menghadap depan, belakang dan yang arahnya dapat diubah. Berikut panduan singkat dari lembaga kesehatan masyarakat nasional di Amerika Serikat mengenai tips memilih kursi pengaman di mobil untuk bayi berdasarkan usia, tinggi dan berat anak:

  • 0 – 2 tahun sebaiknya gunakan kursi pengaman yang menghadap belakang dan tinggi anak tidak boleh lebih tinggi dari ketentuan batas car seat.
  • 2 – 4 tahun dan kurang dan berat badannya kurang dari 18 kg cocok dengan model kursi pengaman yang menghadap ke depan.
  • 4 – 8 tahun atau yang memiliki tinggi antara 10 – 22 cm perlu menggunakan booster seat dengan pemosisian sabuk.

Artikel Terkait:
Tips Dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet
10 Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Awet

3. Perhatikan Fitur Kursi Pengaman

Sampai disini mungkin Anda sudah tahu butuh jenis car seat yang seperti apa. Namun, bagaimana dengan merk dan modelnya? Jika bingung setidaknya pastikan kursi pengaman tersebut memiliki beberapa fitur tambahan di bawah ini:

  • Memiliki lima titik sabuk pengaman atau harness karena perlindungannya jelas lebih baik daripada 3 titik.
  • Membuat label keamanan bahwa car seat tersebut telah memenuhi SNI atau sertifikasi lainnya seperti tanda huruf “E” atau ECE R44/04 lisensi dari Eropa sedangkan Amerika Serikat berupa FMVSS.
  • Sebaiknya membeli car seat baru kecuali jika Anda mengetahui riwayat kursi pengaman bekas yang akan dibeli.
  • Penting untuk melihat ulasan car seat di marketplace atau situs parenting sebagai bahan pertimbangan saat membeli

4. Pilih yang Mudah Dibersihkan

Lebih mudah membersihkan kursi pengaman bagi bayi yang terbuat dari bahan dasar kain halus daripada bertekstur. Selama perjalanan umumnya si kecil akan aktif bergerak dan melakukan banyak hal sehingga mengotori sekitar termasuk car seatnya.

Misalnya saja seperti menjatuhkan makanan, muntah, popoknya basah dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan faktor kebersihan dengan memilih car seat yang tidak mudah kotor agar si kecil tetap nyaman berlama-lama duduk di sana hingga sampai tempat tujuan.

Artikel terkait:
Cara agar Irit Bensin Mobil
Inspeksi Mobil Gratis dari SEVA.id

5. Perhatikan Aksesori Kursi Pengaman

Mungkin sekilas aksesori pada car seat memang belum tentu berguna namun sebenarnya bisa mempermudah Anda. Contohnya bagi yang sering berkendara di siang hari pasti lebih suka model kursi dengan penutup tahan serangga dan cuaca, sedangkan lainnya bisa jadi memilihnya karena akan bepergian melalui bandara.

Namun, tidak semua aksesori kursi pengaman langsung terpasang. Anda bisa menambahkannya sendiri sesuai kebutuhan misalnya mainan gantung, tempat menyimpan makanan atau tisu dan sebagainya. Ingat bahwa car seat menentukan kenyamanan serta keamanan si kecil ketika berkendara jadi jangan berlebihan.

Demikian ulasan mengenai tips memilih kursi pengaman di mobil untuk bayi. Sebenarnya car seat terbaik bagi si kecil adalah yang terpasang sempurna dan mampu menopang tubuhnya dengan baik. Oleh karena itu pastikan membaca instruksi pemasangannya dengan baik. Semoga bermanfaat.