9 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Bagus dan Tepat di Indonesia

By | Desember 23, 2020

tips memilih asuransi mobil

Tips Memilih Asuransi Mobil – Salah satu cara merawat atau melindungi kendaraan pribadi yaitu dengan mengasuransikannya. Sekarang ini jenis-jenisnya ada banyak sehingga pemilik perlu memperhatikan beberapa hal supaya tidak salah pilih dan justru merugi. Lalu, bagaimana tips memilih asuransi mobil yang tepat?

Kenali Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Saking pentingnya sebuah asuransi, maka Anda juga harus cermat dalam memilihnya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa ulasan berikut ini:

1. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Usahakan untuk mencari tahu informasi mengenai penyedia asuransi dahulu sebelum membeli polisnya. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar di lembaga yang khusus menangani jasa keuangan OJK. Jika tidak, bisa jadi menunjukkan bahwa reputasinya masih buruk atau belum sesuai standar.

Pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dalam menyelesaikan klaim, memberi besaran premi dan nilai pertanggungan. Selain itu pastikan bahwa jangkauan produk proteksi tersebut luas. Jangan sampai kecelakaan terjadi di luar radius pertanggungannya sehingga tetap aman jika bepergian.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Secara umum terdapat dua jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih yaitu All Risk dan Total Loss Only. Asal memilih dan tidak menyesuaikan dengan kebutuhan seringkali membuat pemegang polis merasa rugi karena premi tinggi akan tetapi kesulitan dalam mengajukan klaim.

Oleh karena itu jika mobil Anda lebih sering berada di garasi sebaiknya pilih perlindungan Total Loss Only mengingat resiko kerusakannya relatif kecil. Berbeda dengan mereka yang sehari-hari bepergian menggunakan roda empat maka akan lebih membutuhkan asuransi All Risk.

3. Sesuaikan Budget

Jangan sampai memilih asuransi yang biayanya memberatkan keuangan hanya karena ingin memberi perlindungan menyeluruh untuk mobil. Namun, pilihlah sesuai kemampuan budget. Setidaknya pastikan bahwa besar premi tahunan tidak melebihi 10% pendapatan bulanan Anda.

Anda perlu menyesuaikan budget namun jangan mudah tergiur dengan tawaran premi murah. Apalagi sekarang sudah ada standarisasi harga dari OJK bagi perusahaan asuransi yang telah terdaftar. Sebaiknya diteliti apakah ada pengaruh keterjangkauan biaya dengan pengajuan klaim.

Artikel Terkait:
Harga Mobil di Bawah 150 Juta Terbaik
Website Jual Beli Mobil Online Terbaik

4. Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

Kunjungi dealer untuk meminta referensi mengenai penyedia jasa asuransi yang terpercaya. Jika informasi dari beberapa showroom merujuk pada satu perusahaan tertentu berarti pilihan tersebut memang kredibel.

Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi dari showroom itu sendiri. Sebab, saat ini sudah banyak dealer yang menawarkan perawatan dan perlindungan gratis selama beberapa tahun bagi para pelanggannya. Ketika membeli mobil tidak ada salahnya bertanya mengenai ketersediaan fasilitas.

5. Manfaat Lainnya

Beberapa penyedia jasa asuransi kendaraan memberi layanan tambahan seperti perlindungan jiwa dan kesehatan bagi pemegang polis.

Langkah ini dapat melindungi jika terlibat kecelakaan sewaktu-waktu. Namun, perlu Anda ingat bahwa selalu ada biaya tambahan jika ingin memanfaatkannya. Oleh karena itu pertimbangkan besaran tarifnya terlebih dahulu.

6. Lakukan Perbandingan

Menerapkan tips memilih asuransi mobil yang tepat tidak lepas dari membandingkan penyedia satu dengan lainnya.
Anda perlu menimang perusahaan mana yang memberi lebih banyak manfaat sesuai kebutuhan. Bagaimanapun setiap perlindungan pasti memiliki perbedaan premi, polis maupun kegunaan.

7. Pertimbangkan Tahun Mobil

Umumnya semakin tua usia kendaraan maka harga jualnya akan menurun lebih murah. Hal ini akan berimbas pada besaran klaim asuransi yang didapatkan. Apalagi jika mobil tersebut telah berumur lebih dari 10 tahun mengingat perusahaan asuransi tidak menerima pengajuan di atas 15 tahun.

Selain itu mobil tua juga beresiko mengalami kerusakan sehingga lebih cocok dengan perlindungan All Risk. Sementara untuk kendaraan keluaran terbaru sebaiknya memilih asuransi TLO karena kemungkinan hanya mengalami kerusakan di beberapa bagian saja dan biaya perbaikannya tidak terlalu tinggi.

Artikel Terkait:
Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas
Tips Memilih Kursi Pengaman di Mobil untuk Bayi

8. Layanan Konsumen Siap 24 Jam

Ini penting Anda perhatikan karena musibah kecelakaan bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba. Oleh karena itu akan lebih baik jika memiliki perlindungan asuransi yang siap memberi bantuan sewaktu-waktu selama 24 jam.

9. Cek Keluhan

Terakhir, lihatlah rasio pengaduan pelanggan. Perhatikan apakah perbandingan jumlah komplain dengan penyelesaiannya cukup seimbang atau tidak. Jika ternyata keluhan masuk lebih besar daripada yang berhasil diselesaikan berarti masih belum bisa mengandalkan perusahaan asuransi.

Itulah beberapa tips memilih asuransi mobil yang tepat, intinya jangan terburu-buru menentukan pilihan. Pertimbangkan secara matang dari berbagai aspek mulai dari pembayaran, layananan hingga proses klaim.

Tinggalkan Balasan