8 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas untuk Pemula

By | Desember 8, 2020

tips membeli mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas – Memiliki kendaraan pribadi seolah sudah menjadi kebutuhan. Namun, mengingat bahwa harga produk barunya cenderung mahal sebagian orang lebih memilih yang second supaya pas dengan budget. Agar Anda tidak salah pilih, sebelum pergi ke showroom sebaiknya simak tips membeli mobil bekas berikut ini.

Artikel Terkait: Website Jual Beli Mobil Online

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Setidaknya, Anda harus memahami beberapa tips dibawah ini agar mendapatkan pilihan terbaik walaupun sekedar armada bekas saja:

1. Cari Showroom dengan Kredibilitas Baik

Ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas dan meminimalisir penipuan.

Umumnya, showroom yang memiliki kredibilitas baik sudah mulai merambah promosi secara online dan memiliki website sendiri. Oleh karena itu cobalah mencari referensi tambahan di internet.

Supaya lebih mudah menjangkaunya, utamakan showroom yang lokasinya berada di dekat tempat tinggal Anda. Jika perlu buat daftar kunjungan ke beberapa tempat sehingga mempermudah untuk membandingkan mobil second satu dengan lainnya.

2. Sesuaikan Budget dan Kebutuhan

Saat memilih mobil bekas Anda harus fokus pada hal ini. Pilih yang sesuai budget tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah karena biasanya showroom melampirkan banderolan miring untuk menarik minat pembeli padahal merupakan kendaraan bekas banjir atau kecelakaan.

Sebaiknya memang mencari tahu harga pasaran mobil bekas supaya Anda mendapat kualitas yang sesuai.
Selain itu, jangan tergoda dengan fitur tertentu padahal sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkannya. Perlu diingat bahwa semakin canggih fiturnya maka otomatis harganya pun pasti lebih mahal.

3. Pastikan Bukan Bekas Tabrakan

Anda bisa mengetahuinya dengan melakukan pengecekan spooring apakah camber, caster dan toe ban mobil tersebut berada pada sudut normal atau tidak. Memastikan bahwa kendaraan pilihan bukan bekas tabrakan penting karena berpengaruh pada pengendaliannya.

Jika posisi camber, caster dan toe ban terlalu jauh dari sudut normal maka akan berakibat pada ketidaksempurnaan pengendalian mobil. Misalnya seperti setir yang naik ke kiri atau kanan dengan sendirinya saat kendaraan sedang berjalan.

Artikel Terkait: Rekomendasi Mobil di Bawah 150 Juta

4. Periksa Kelengkapan Dokumen

Ini merupakan hal yang sering dilupakan diantara 8 tips membeli mobil bekas padahal sangat penting. Lakukan pengecekan terhadap surat-surat kendaraannya. Sesuaikan nomor rangka dan mesinnya dengan yang ada di STNK. Jangan sampai nantinya masalah dokumen merugikan Anda.

5. Memiliki Fitur Keamanan

Semua orang pasti ingin aman dan selamat saat berkendara. Oleh karena itu sebaiknya pilih mobil bekas yang memiliki kelengkapan fitur keamanan dan keselamatan.

Minimal terdapat dual SRS airbag, seatbelt, auto lock, serta rem ABS dan EBD sehingga Anda bisa mengendarainya tanpa rasa resah atau takut.

6. Periksa Kondisi Fisiknya

Anda bisa memulainya dengan mengecek body apakah terdapat penyok, goresan atau bekas tambalan. Kemudian, lanjut teliti bagian interiornya seperti AC, sabuk pengaman, plafon dan lain-lain pastikan juga bahwa semua fitur masih berfungsi.

Setelah itu, Anda bisa mengecek kondisi mesinnya. Mobil bekas tersebut seharusnya masih mudah dinyalakan, pastikan suaranya halus dan tidak ada asap hitam dari knalpot. Terakhir, amati sekeliling transmisi dan gardennya apakah ada rembesan oli karena kebocoran atau tidak.

7. Lakukan Test Driving

Hal ini penting Anda lakukan sebelum benar-benar deal membeli mobil bekas. Sebaiknya Anda meminta izin kepada pihak showroom untuk tes drive. Jika perlu saat melakukannya bawalah mekanik sendiri sehingga lebih paham mengenai kualitas dan kondisi kendaraan.

Anda perlu melakukan tes drive dengan jarak yang cukup jauh supaya lebih detail dalam mengidentifikasi kerusakan pada mobil tersebut. lakukan analisa performa mesin, sistem kopling dan kondisi pengereman.

Artikel Terkait: SEVA Pusat Mobil Bekas No. 1 di Indonesia

8. Tanyakan Asuransi

Ini merupakan nilai tambah yang baik bagi Anda. tanyakan kepada pihak showroom apakah mobil bekas tersebut memiliki asuransi? Jika ternyata iya, maka mintalah bukti dokumen asli bahwa pemilik sebelumnya memang telah mengasuransikan kendaraannya.

Selanjutnya Anda tidak perlu khawatir karena asuransi tersebut bisa dibaliknamakan pada perusahaan yang menjaminnya. Saat melakukan proses tersebut pemilik baru perlu membawa kelengkapan dokumen jual beli mobil.

Itulah tips membeli mobil bekas yang berkualitas, perlu Anda ketahui bahwa ketika status kendaraan roda empat sudah second maka harganya bisa mengalami penurunan hingga 50 persen. Oleh karena itu penting untuk menyimak delapan daftar di atas supaya tidak salah memilih.

Tinggalkan Balasan