Pengertian Torsi dan Tenaga pada Mobil Beserta Perbedaannya

By | Januari 12, 2021

Pengertian Torsi pada Mobil – Ternyata masih banyak yang belum paham mengenai pengertian dan perbedaan torsi dan tenaga pada mobil. Padahal istilah tersebut sering muncul di brosur spesifikasi produk kendaraan roda empat maupun saat membaca berita seputar otomotif.

Pengertian Torsi dan Tenaga pada Mobil

Sebelum mengetahui perbedaan keduanya sebaiknya mulai dengan memahami pengertiannya terlebih dahulu. Torsi merupakan gaya atau momen putar yang dihasilkan oleh mesin, bisanya berguna untuk kebutuhan akselerasi.

Sementara itu pengertian tenaga/power yaitu terkait putaran mesin, biasanya istilah tersebut peruntukannya yaitu pada kecepatan. Sederhananya tenaga adalah energi untuk mencapai top speed atau kecepatan tertinggi sedangkan torsi meliputi energi dari kondisi mobil diam hingga bergerak.

Perbedaan Torsi Dan Tenaga Mobil

Sebenarnya berdasarkan pengertian sudah tampak bahwa kedua istilah tersebut tidak sama. namun, supaya lebih jelas simak ulasan selengkapnya mengenai perbedaan torsi dan tenaga mobil di bawah ini. Berikut beberapa ulasannya:

1. Rumus Pencariannya Berbeda

Tidak jarang otomotif menjadi salah satu ilmu yang menjadi bahan materi pembelajaran. Salah satu materinya menjelaskan bahwa terdapat perbedaan rumus untuk mencari torsi dan tenaga pada mobil. Keduanya memang saling berkaitan namun tidak sama.

Untuk mencari torsi Anda dapat menggunakan rumus perkalian antara gaya dan jarak. Sedangkan tenaga bisa diperoleh dari hasil perkalian torsi dengan rpm.

2. Torsi Mengenai Akselerasi Sedangkan Tenaga Kecepatan

Setiap dorongan yang diberikan oleh mesin saat menyalakan kendaraan adalah torsi. Sementara itu kecepatan hasil dari dorongannya disebut tenaga. Perbedaan singkat keduanya yaitu torsi berbicara mengenai akselerasi sementara tenaga sendiri berkaitan dengan kecepatan.

3. Besaran Torsi dan Tenaga Tidak Sama

Beberapa kendaraan roda empat memiliki besaran torsi dan tenaga yang berbeda. Jika Anda membeli mobil balap, maka butuh power besar supaya juga mampu menghasilkan kecepatan tertinggi.

Sedangkan jika Anda ingin membeli mobil komersial maka perlu memilih tipe dengan besaran torsi lebih besar daripada tenaganya. Sebab, kendaraan tersebut pasti akan membawa muatan beban yang tidak sedikit.

Artikel Terkait: SEVA Tempat Mobil Online

4. Satuannya Berbeda

Seperti yang telah ada dalam penjelasan sebelumnya bahwa rumus untuk mencari torsi dan tenaga tidak sama. Otomatis perhitungannya pun akan menghasilkan satuan yang berbeda pula.

Untuk menunjukkan torsi menggunakan Newton (N) atau kilogram meter (Kgm). Sedangkan satuan dari tenaga atau power sendiri yaitu Horsepower (HP) atau PS.

5. Tenaga Tidak Bisa Dimanipulasi Sedangkan Torsi Bisa

Anda dapat mengubah nilai putaran atau torsi menggunakan bantuan alat bernama girboks. Jika mempengaruhinya dengan gigi rasio maka nilainya bisa semakin naik. Namun, tenaga putarannya tidak akan berubah karena kecepatan torsinya bergantung pada dorongan mesin.

Contohnya terdapat kendaraan dengan torsi 50 pound feet dengan gigi rasio 3,0. Maka cukup mengalikan keduanya untuk mendapatkan hasil putaran yaitu 150 pound. Namun, Anda masih bisa memanipulasi angka tersebut sehingga mungkin nilainya bisa menjadi 3 kali lipat dari semula.

6. Torsi Berperan Saat Kendaraan Diam Sedangkan Tenaga Justru Ketika Bergerak

Sekali lagi masih banyak masyarakat awam yang belum memahami pengertian dan perbedaan torsi dan tenaga pada mobil. Sekarang saatnya mengetahui peran masing-masing dari kedua istilah tersebut.

Peran torsi yaitu mengatur putaran mesin sehingga mampu menggerakkan mobil yang semula diam. Sementara tenaga baru akan berperan setelah roda empat tersebut sudah mulai bergerak. Jadi, keduanya saling berkaitan untuk mendukung performa kendaraan.

Artikel terkait:
Website Jual Beli Mobil Online
Cara Merawat AC Mobil

7. Tanpa Torsi Tidak Akan Ada Tenaga

Sebagian orang mengira bahwa performa kendaraan merupakan hasil dari adanya tenaga yang besar. Padahal jika mesin mobil hanya mampu menghasilkan torsi kecil maka laju kendaraannya juga menjadi lambat.

Oleh karena itu jika ingin mobil dengan performa bagus dan mampu melaju cepat maka yang harus Anda perhatikan adalah nilai torsinya. Bagaimanapun, tanpa adanya pengaruh putaran maka laju kendaraan tidak akan pernah bisa sempurna.

Demikian ulasan mengenai pengertian dan perbedaan torsi dan tenaga pada mobil. Kesimpulannya yaitu kedua istilah tersebut memang tidak sama namun sebenarnya saling berkaitan terutama dalam hal menghasilkan performa terbaik bagi kendaraan roda empat.
 
 

Tinggalkan Balasan