10 Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Awet

By | Januari 1, 2021

tips merawat ac mobil

Tips agar AC Mobil tetap dingin – Air conditioner merupakan salah satu fitur andalan yang menjamin kenyamanan pengendara roda empat. Jika terjadi masalah pada perangkat tersebut seperti mengeluarkan bau tidak sedap atau penurunan suhu pasti cukup mengganggu. Untuk meminimalisirnya simak cara merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet berikut ini.

Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Ada banyak langkah mudah yang bisa Anda lakukan, jika masih bingung berikut beberapa di antaranya:

1. Tidak Membuka Jendela Saat AC Menyala

Ini merupakan cara merawat AC mobil yang paling dasar dan sederhana. Pastikan Anda tidak berkendara dengan jendela terbuka jika sedang menyalakan air conditioner, karena dapat mengakibatkan kotoran dari luar masuk ke dalam lalu mengotori perangkat pendingin tersebut.

Jika AC kotor maka kinerja mesinnya menjadi kurang optimal. Salah satu dampaknya yaitu menimbulkan bau tidak sedap dan suhu dinginnya pun berkurang.

2. Nyalakan AC Setelah Mesin Mobil Hidup

Banyak yang tidak sadar dengan cara merawat AC satu ini. Sebaiknya Anda memang jangan langsung menyalakan pendingin saat menghidupkan mobil. Tunggu sebentar hingga kinerja mesin kendaraan stabil terlebih dahulu.

Kompresor AC berpotensi rusak jika Anda menyalakannya sebelum mesin mobil hidup. Selain itu aki juga cepat rusak mengingat kondisi yang belum stabil ditambah harus menggerakkan mesin pendingin tentu bebannya menjadi lebih berat lagi.

Artikel terkait: SEVA Tempat Mobil Online

3. Bersihkan Filter AC

Filter merupakan komponen yang berguna menyaring kotoran sehingga tidak masuk AC. Oleh karena itu usahakan untuk membersihkannya sebulan sekali jika mobil cukup sibuk. Ketika sering melewati jalan berdebu sebaiknya ganti saja filternya karena kinerjanya akan tetap kurang maksimal meskipun telah dibersihkan.

4. Tidak Merokok Ketika AC Hidup

Asap rokok bisa mengotori evaporator dan membuatnya berlendir. Jika sudah begitu maka akibatnya AC akan mengeluarkan bau tidak sedap yang susah hilang. Ketika sangat ingin merokok sebaiknya matikan pendingin mobil terlebih dahulu kemudian buka jendela supaya asapnya keluar.

5. Jaga Kebersihan Kabin

Cara merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet paling utama adalah menjaga kebersihan kabin. Memastikan bahwa bagian karpet depan, dashboard dan kursi tetap bersih bisa meminimalisir debu yang menghambat sirkulasi udara pendingin. Jika saluran udaranya bebas hambatan maka kinerja pendingin bisa lebih maksimal.

Artikel terkait: Aplikasi Jual Beli Mobil Online

6. Jangan Menaruh Pewangi di Dekat AC

Sebagian orang terbiasa menaruh pewangi pada sirip pendingin AC. Mungkin tujuannya supaya bau harum cepat tersebar. Namun, pengharum merupakan cairan yang terbuat dari bahan kimia sehingga jika bocor dan masuk evaporator bisa menjadi sarang pertumbuhan kuman seperti bakteri dan jamur.

Oleh karena itu sebaiknya jangan menaruh pewangi di dekat pendingin mobil apalagi jika kualitasnya kurang bagus. Ini perlu Anda perhatikan saat merawat AC supaya tetap dingin dan awet.

7. Pilih Area Parkir yang Sejuk

Jika Anda perlu memarkir mobil dalam waktu lama maka pilihlah di tempat yang teduh. Ini bisa menjaga kabin agar terhindar dari panas sehingga saat menyalakan pendingin AC tidak perlu bekerja terlalu berat untuk menurunkan suhu ruangan kendaraan.

8. Minimal Nyalakan AC Seminggu Sekali

Anda perlu menerapkan cara ini jika jarang menggunakan mobil. Meskipun tidak mengendarainya namun tetap nyalakan mesin dan hidupkan AC minimal seminggu sekali supaya ada sirkulasi dan memastikan kompresornya masih bekerja dengan baik.

Selain itu juga sebagai upaya mencegah pengendapan gas freon agar tidak merembet membuat keropos lalu membuat saluran AC kebocoran. Caranya yaitu hidupkan pendingin mobil pada kecepatan tertinggi lalu ke suhu paling sejuk.

Artikel terkait: Tips Dan Cara Merawat Kopling Mobil

9. Bersihkan Kondensor AC

Kondensor berfungsi membuang panas serta merubah gas menjadi zat cair sebelum mengkabutkannya. Cara inilah yang bisa membuat AC Anda lebih awet sekaligus menghasilkan suhu dingin maksimal.

Anda harus menjaga kebersihan kondensor AC karena kotoran bisa mengakibatkan korosi yang akhirnya menimbulkan kebocoran. Cara membersihkannya sendiri sangat mudah yaitu dengan menyemprotkan air hingga debu-debunya lepas.

10. Rutin Service AC

Service secara berkala akan mempermudah Anda dalam merawat atau mengganti parts sistem AC mobil. Rutin melakukan hal ini juga bisa membantu memeriksa semua kondisi komponennya mulai dari kompresor, kondensor, evaporator, receiver dryer hingga freon.

Artikel terkait: Cara agar Irit Bensin Mobil

Demikian ulasan mengenai cara merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet. Jika Anda menerapkan semua poin di atas maka Anda telah mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada pendingin. 

Tinggalkan Balasan