9 Cara Menghemat Bensin (BBM) Mobil Paling Mudah & Ampuh

By | Januari 9, 2021

Tips Irit Bensin mobil

Tips agar Irit Bensin Mobil – Semua pemilik kendaraan pribadi pasti ingin menghemat bahan bakar. Tidak heran jika para produsen roda empat berinovasi merilis produk hemat BBM dan ramah lingkungan. Jika Anda juga sedang mencari cara untuk meminimalisir penggunaannya, ada 9 trik irit bensin (BBM) mobil agar pengeluaran tidak boros.

Trik Irit Bensin (BBM) Agar Pengeluaran Tidak Boros

Sebetulnya, ada beberapa trik khusus agar bahan bakar armada milik Anda lebih irit lagi. Untuk itu, simak beberapa ulasan berikut ini:

1. Pilih Bahan Bakar Berkualitas

Demi menghemat pengeluaran sebaiknya jangan memilih bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih rendah dari kebutuhan mobil Anda. Berdasarkan segi harga memang lebih terjangkau, namun tidak menjamin bisa hemat biaya.

Cara tersebut mungkin hanya menjadi solusi jangka pendek karena seiring waktu mesin mobil pasti akan semakin boros. Bagaimanapun memilih kualitas bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik juga membantu Anda menjaga komponen mesinnya supaya tidak mudah kotor.

2. Kapasitas Mesin

Ini perlu Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan roda empat. Sebab, semakin besar kapasitas cc-nya, maka kemungkinan besar mobil tersebut juga akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan sehari-hari. Jika hanya untuk berkendara di jalanan perkotaan mungkin lebih baik membeli mobil dengan kapasitas mesin yang tidak begitu besar.

3. Operasikan Gigi Transmisi Sesuai Rentang

Idealnya sebuah mesin bensin memiliki rentang putaran 1.500 – 2500 rpm semetara diesel sekitar 1100 – 2100 rpm. Oleh karena itu sebaiknya Anda melalukan pergantian gigi transmisi pada kisaran angka tersebut. Usahakan untuk melajukan kendaraan dengan gigi tertinggi dan kecepatan konstan. Umumnya pada kondisi ini Anda masih bisa menempuh perjalanan di kisaran 70 – 80 km/jam.

Artikel terkait:
Tips agar Kopling Mobil Lebih Awet
Cara Merawat AC Mobil Agar Awet

4. Perhatikan Cara Mengemudi dan Kondisi Jalanan

Mesin kendaraan juga menyesuaikan hasil tenaganya dengan kondisi jalan tertentu. Ketika menempuh medan yang kurang rapi seperti banyak tanjakan, turunan curam atau menikung maka sudah pasti mobil harus mempu melakukan ekstra manuver.

Selain itu cara mengemudi Anda ternyata juga menjadi penentu seberapa boros mesin perlu mengonsumsi bahan bakar. Kebiasaan mengebut di jalan, sering mengerem mendadak atau tiba-tiba mengegas menyebabkan bensin cepat habis, pemilik harus lebih sering melakukan isi ulang BBM.

5. Periksa Kondisi Ban

Pastikan tekanan angin pada ban mobil selalu stabil dan seimbang. Jika tidak, maka mesin pasti akan berusaha lebih keras untuk mencoba menyeimbangkan tenaganya. Siapa sangka bahwa menjaga tekanan anginnya pada angka yang direkomendasikan dapat menghemat bensin mobil 5–20 persen.

6. Kondisi Cuaca

Pemanasan global membuat cuaca di bumi menjadi tidak menentu. Terutama waktu panas maka suhunya terasa meningkat lebih tinggi dari biasanya. Contohnya area Jakarta pernah berada pada angka 37 derajat celcius sehingga sangat berkeringat saat di luar ruangan apalagi di dalam mobil.

Cuaca seperti itu mengharuskan Anda menyalakan AC mobil dan membesarkan hembusan pendingin udaranya. Akhirnya bensin lebih cepat menguap karena mesin terpaksa harus bekerja lebih keras dari standar normal. Solusinya yaitu sebelum berkendara pastikan kabin selalu dalam kondisi sejuk.

7. Jaga RPM Mesin

Mengetahui kapan waktu yang tepat harus mengganti gigi juga termasuk dalam 9 trik irit bensin (BBM) mobil agar pengeluaran tidak boros. Rekomendasi oper gigi untuk mesin bensin yaitu ketika berada di RPM 1500-2200.

Sementara itu untuk mesin disel sebaiknya lakukan pergantian gigi ketika berada di RPM 1100-2000. Jangan biasakan baru mengoper giginya ketika mesin berdengung keras. Anda juga perlu menjaga laju kendaraan agar tetap konstan pada angka RPM tersebut.

Artikel terkait:
Tips Memilih Kursi Bayi di Mobil yang Aman dan Nyaman
Rekomendasi Harga Mobil di Bawah 150 Juta untuk keluarga

8. Jangan Membawa Muatan Melebihi Kapasitas

Anda harus tahu bahwa setiap muatan 20 kg maka konsumsi bahan bakarnya bertambah sekitar 1%. Bahkan para ahli menjelaskan bahwa posisi kedua penyebab pemborosan BBM adalah karena mengemudi dengan beban berlebih.

Bagaimanapun setiap ada beban tambahan baik penumpang maupun barang, maka mesin perlu beradaptasi mencoba menghasilkan tenaga yang sesuai supaya mobil tetap bisa bergerak lancar.

9. Lebih Bijak Menggunakan AC

Sebaiknya matikan AC jika tidak kondisi ruangan di dalam mobil tidak terlalu panas. Sebab, pendingin yang aktif cukup membebani mesin terutama jika menyetelnya pada suhu rendah. Ketika benar-benar ingin menyalakannya sebaiknya atur 22-23 derajat celcius saja sehingga beban mesin berkurang.

Itulah 9 trik irit bensin (Bbm) mobil agar pengeluaran tidak boros. Selama Anda bisa menghemat bahan bakar maka keuntungannya bukan hanya mengurangi pengeluaran biaya saja. Namun juga menyediakan minyak untuk masa depan.

Tinggalkan Balasan